Selasa, 12 Mei 2015

Laporan Audit Manajemen Pemasaran



Depok , 4 Mei 2015

No                   : 001/KLS/IV/2015
Lampiran         : 4 eksemplar
Perihal             : Laporan Hasil Audit Manajemen Pemasaran

Kepada
Yth, Pimpinan Marketing Office Perumahan CDE
Di Depok

          Kami telah melakukan audit atas Keterlambatan Penjualan unit rumah untuk periode 2014/201. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Keterlambatan penjualan yang terjadi dalam perusahaan. Audit tersebut dimaksudkan untuk menilai ekonomisasi (kehematan), efisiensi (daya guna), dan efektivitas (hasil guna). Audit atas Keterlambatan Penjualan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan saran perbaikan atas keterlambatan sistem pemasaran yang mengakibatkan tidak tercapainya rencana jangka pendek ataupun jangka panjang perusahaan sehingga diharapkan dimasa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien dan efektif dalam mencapai tujuannya.
          Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab I               : Informasi Latar Belakang
Bab II              : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III                        : Rekomendasi
Bab IV                        : Ruang Lingkup Audit
          Dalam melakukan audit kami telah memperoleh banyak bantuan,dukungan, dan kerjasama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini.
                                                                                                Tim Audit


                                                                                            Ivan dan Karsanti
Bab I
Informasi Latar Belakang


Perumahan CDE berlokasi di Jl. XYZ, Depok. didirikan tahun 1996 oleh para pengembang .

Perumahan CDE bergerak dibidang produksi properti. Tujuan dari didirikannya Perumahan adalah untuk membantu para konsumen yang membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal atau kebutuhan utamanya selain pendidikan. Perusahaan menghasilkan beberapa jenis unit rumah dengan berbagai tipe yang berbeda.  

            Tujuan di lakukannya audit adalah untuk:
1.     Untuk mengetahui manajemen perusahaan telah menjalankan perencanaan    pemasaran dengan baik untuk mendukung pencapaian target perusahaan
2.     Untuk mengetahui tujuan pemasaran telah berjalan dengan baik untuk mendukung     pemasaran produk

Bab II
Kesimpulan Audit

Bedasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:

Kondisi: 
1.      Perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya hanya melalui analisis pasar, belum mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa dan audit pemasaran
2.      tujuan pemasaran perusahaan CDE belum tepat dan  belum mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang.

    
Kriteria:
     
1.      Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas pemasarannya harus melalui analisis pasar, analisis biasa dan audit pemasaran agar aktivitas pemasarannya dapat teratur, sesuai dengan ketentuan perusahaan dan tujuan perusahaan.
2.      tujuan pemasaran perusahaan CDE harus tepat dan harus mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang. Agar penjualan dapat mencapai target sesuai yang direncanakan.

Penyebab
  
1.      Perusahaan belum menerapkan adanya analisis biasa dan audit pemasaran.
     
2.      Perusahaan belum memanfaatkan peluang pemasaran dan belum menyediakan alternatif pemasaran ketika terjadi persaingan dalam kegiatan pemasaran dengan perusahaan lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pemasarannya.
  Akibat
1.      Tidak bisa memaksimalkan target yang sudah di rencanakan akibatnya pengendalian  aktivitas perusahaan  hanya mencapai 70% -  90%

2.      Ketika terjadi persaingan dalam pemasaran yang ketat dan menggunakan sarana media yang lebih kreatif di perusahaan lain, mengakibatkan perusahaan tidak bisa memenuhi target jangka pendek yang telah dibuat sebelumnya.
     

Daftar Ringkasan Temuan Audit

No
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1.
perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya hanya melalui analisis pasar , belum mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa dan audit pemasaran

Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas pemasarannya harus melalui analisis pasar, analisis biasa dan audit pemasaran agar aktivitas pemasarannya dapat teratur, sesuai dengan ketentuan perusahaan dan tujuan
perusahaan tidak memiliki auditor pemasaran, dan belum menerapkan adanya analisis biasa dan audit pemasaran.
tidak bisa memaksimalkan target yang sudah di rencanakan akibatnya pengendalian aktivitas perusahaan  hanya mencapai 70%- -  90%
2
tujuan pemasaran perusahaan belum tepat dan  belum mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang.
Perusahaan dalam menentukan tujuan pemasaran harus tepat dan harus mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang.
Terhalang oleh sumber daya yang masih harus mengalami pembenahan dan banyaknya pesaing di lingkungan perumahan yang jauh lebih baik sistem pemasarannya.
tidak tercapainya rencana jangka pendek dan penjualan produk kurang maksimal.

BAB III
Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan datang. Kelemahan ini dapat dikelompokan menjadi dua yaitu:
      1.      Kelemahan Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas pemasarannya hanya melalui analisis pasar, belum mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa dan audit pemasaran
      2.      Kelemahan dalam tujuan proses pemasaran yang terjadi pada prosedur pemasaran Perusahaan CDE belum beroperasi dalam mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang.


Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi maka di berikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Rekomendasi :
1.      Perusahaan harus mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa dan audit pemasaran.
2.      Perusahaan harus membuat kebijakan yang lebih kreatif, inovatif, efektif, dan efisien dalam proses pemasarannya. Misalnya memanfaatkan media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat dalam melakukan periklanan produknya.

Bab IV
Ruang Lingkup Audit

Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakuakan hanya meliputi masalah audit pemasaran PT. CDE untuk periode 2014/2015. Audit kami mencakup pengujian sistem pengendalian manajemen dan tujuan pemasaran perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar