Jenis
dan Bentuk Perusahaan
Dalam analisis kali ini akan dibahas tentang
jenis perusahaan, ketentuan perjenisan perusahaan PT. ADIRA MULTI FINANCE, Tbk
Di Indonesia jenis perusahaan dibedakan
menjadi 3 yaitu perusahaan manufaktur, perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
Menurut analisis saya PT. ADIRA MULTI FINANCE
termasuk kedalam jenis perusahaan jasa karena
PT. ADIRA MULTI FINANCE merupakan
unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa) dengan
tujuan meraih keuntungan. Disisi lain PT. ADIRA MULTI FINANCE memiliki ciri-ciri sebagaimana yang dicirikan oleh perusahaan
jasa yaitu, produk yang ditawarkan berupa benda tidak berwujud (jasa), produk
yang ditawarkan tidak bisa disimpan dalam bentuk persediaan.
Bentuk Perusahaan
1. Perusahaan perseorangan
2. Perusahaan yang tidak berbadan hukum (Persekutuan perdata, Firma, CV)
3. Perusahaan yang berbadan hukum (Perseroan Terbatas, Koperasi,
Perusahaan umum, Perusahaan perseroan)
Dalam analisis kasus ini dapat disimpulkan
bahwa PT. ADIRA MULTI FINANCE termasuk kedalam bentuk perusahaan yang berbadan
hukum (perseroan terbatas) karena modal dan ukuran perusahaan Adira Multi
Finance besar, kelangsungan hidup perusahaan PT ada ditangan pemilik saham,
mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan / pegawai. Hal tersebut dibuktikan melalui ciri-ciri
perusahaan perseroan terbatas.
Arti Modal Perusahaan
Modal meliputi modal dalam bentuk uang, maupun
dalam bentuk barang, misalnya mesin, barang-barang dagangab
- Schwiedland memberikan pengertian modal dalam artian yang lebih luas, di mana modal itu meliputi baik modal dalam bentuk uang (geldkapital), maupun dalam bentuk barang (sachkapital), misalnya mesin, barang-barang dagangan, dan lain sebagainya. Kemudian ada beberapa penulis yang menekankan pada kekuasaan menggunakannya, yaitu antara lain J.B. Clark.
Sumber Modal
Sumber modal dibedakan menjadi 2 yaitu,
sumber modal intern dan sumber modal eksteren.
Menurut analisis saya sumber modal PT. ADIRA
MULTI FINANCE termasuk ke dalam sumber modal ekstern. Karena PT. ADIRA MULTI
FINANCE didalam usahanya terdapat pihak luar yaitu investor yang berperan serta dalam menanamkan sahamnya untuk proses kegiatan
usaha di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam merk, baik untuk
sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Disisi lain dalam proses
menghimpun dana PT. ADIRA MULTI FINANCE juga menerbitkan obligasi dan melakukan
pinjaman dari Bank dalam negeri maupun luar negeri.
Efek-Efek Ekonomis
Perusahaan
Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan
perusahaan adalah dengan para
anggotanya, yang kedudukannya sebagai pengguna jasa perusahaan. Motivasi
ekonomi anggota sebagai pengguna akan
mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa, menguntungkan
tidaknya pelayanan yang diberikan oleh PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE kepada
pelanggannya dibandingkan penjual/pembeli di luar perusahaan. Pada dasarnya
setiap pelanggan akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan PT. ADIRA MULTI
FINANCE : 1) Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. 2)Jika
pelayanan tersebut ditawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih
menguntungkan dibanding yang diperolehnya dari pihak-pihak lain di luar PT.
ADIRA MULTI FINANCE.
Efek Harga dan Efek
Biaya
Partisipasi anggota
menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Sedangkan tingkat partisipasi
pelanggan di pengaruhi oleh beberapa factor diantaranya: besarnya nilai manfaat
pelayanan PT. ADIRA MULTI FINANCE berupa adanya pengurangan biaya dan atau
diperolehnya harga menguntungkan bagi pelanggannya.
Analisis Hubungan
Efek Ekonomis dan Keberhasilan Perusahaan
Dalam suatu
perusahaan, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen,
melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Keberhasilan perusahaan
ditentukan oleh salah satu faktor yaitu partisipasi pelanggan. Partisipasi
customer sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis perusahaan yaitu manfaat
pelayanan ditawarkan dengan harga, mutu yang lebih menguntungkan dibanding yang
diperolehnya dari pihak-pihak lain diluar PT. ADIRA MULTI FINANCE.
Penyajian dan
Analisis Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh
perubahan kebutuhan dari para pelanggan dan perubahan lingkungan perusahaan terutama
pada pelayanan PT. ADIRA MULTI FINANCE terhadap pelanggan harus secara kontinu
disesuaikan. Ada dua faktor utama yang harus dilakukan PT.ADIRA MULTI FINANCE
meningkatkan pelayanan kepada para anggotanya.
- Adanya tekanan persaingan dari Perusahaan jasa lain.
- Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh PT. ADIRA MULTI FINANCE. Bila Perusahaan mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi pelanggan terhadap PT. ADIRA MULTI FINANCE akan meningkat.
PERAN PERUSAHAAN
Menurut analisis saya
peran PT. ADIRA MULTI FINANCE mencakup :
- Aspek Ekonomi
Dalam
bidang pengembangan ekonomi masyarakat, PT. ADIRA MULTI FINANCE telah
berkomitmen untuk turut serta dalam membantu pengembangan ekonomi menengah dan
mikro dalam bentuk program kemitraan usaha.
- Aspek Lingkungan
Masalah
lingkungan hidup termasuk diantaranya pencemaran lingkungan, pelestarian dan
pemeliharaan lingkungan selalu menjadi perhatian pimpinan PT. ADIRA MULTI
FINANCE.
- Aspek Sosial
Dalam
hal ini PT. ADIRA MULTI FINANCE berperan serta dalam hal mendonorkan darah dan
mensosialisasikan manfaat donor darah ke perusahaan lain.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar