Depok , 4 Mei 2015
No :
001/KLS/IV/2015
Lampiran :
4 eksemplar
Perihal :
Laporan Hasil Audit Manajemen Pemasaran
Kepada
Yth, Pimpinan Marketing Office Perumahan CDE
Di Depok
Kami
telah melakukan audit atas Keterlambatan Penjualan unit rumah untuk periode
2014/201. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran
laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat
atas laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Keterlambatan penjualan
yang terjadi dalam perusahaan. Audit tersebut dimaksudkan untuk menilai
ekonomisasi (kehematan), efisiensi (daya guna), dan efektivitas (hasil guna). Audit atas Keterlambatan Penjualan
yang dilakukan diharapkan dapat memberikan saran perbaikan atas keterlambatan
sistem pemasaran yang mengakibatkan tidak tercapainya rencana jangka pendek
ataupun jangka panjang perusahaan sehingga diharapkan dimasa yang akan datang
dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat
beroperasi dengan lebih ekonomis, efisien dan efektif dalam mencapai tujuannya.
Hasil
audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab I : Informasi Latar Belakang
Bab II : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III : Rekomendasi
Bab IV : Ruang Lingkup Audit
Dalam
melakukan audit kami telah memperoleh banyak bantuan,dukungan, dan kerjasama
dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan
pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama
yang telah terjalin dengan baik ini.
Tim
Audit
Ivan dan Karsanti
Bab I
Informasi
Latar Belakang
Perumahan CDE berlokasi di Jl. XYZ,
Depok. didirikan tahun 1996 oleh para pengembang .
Perumahan CDE
bergerak dibidang produksi properti. Tujuan dari
didirikannya Perumahan adalah untuk membantu para konsumen yang membutuhkan
rumah sebagai tempat tinggal atau kebutuhan utamanya selain pendidikan. Perusahaan
menghasilkan beberapa jenis unit rumah dengan berbagai tipe yang berbeda.
Tujuan
di lakukannya audit adalah untuk:
1. Untuk
mengetahui manajemen perusahaan telah menjalankan perencanaan pemasaran dengan baik untuk mendukung
pencapaian target perusahaan
2. Untuk
mengetahui tujuan pemasaran telah berjalan dengan baik untuk mendukung pemasaran produk
Bab II
Kesimpulan
Audit
Bedasarkan
temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat
menyimpulkan sebagai berikut:
Kondisi:
1.
Perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya hanya
melalui analisis pasar, belum mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui
analisis biasa dan audit pemasaran
2.
tujuan pemasaran perusahaan CDE belum
tepat dan belum mempertimbangkan sumber
daya, posisi persaingan, dan peluang.
Kriteria:
1.
Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas pemasarannya
harus melalui analisis pasar, analisis biasa dan audit pemasaran agar aktivitas
pemasarannya dapat teratur, sesuai dengan ketentuan perusahaan dan tujuan
perusahaan.
2.
tujuan pemasaran perusahaan CDE harus
tepat dan harus mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang. Agar
penjualan dapat mencapai target sesuai yang direncanakan.
Penyebab
1.
Perusahaan belum menerapkan adanya analisis biasa dan
audit pemasaran.
2.
Perusahaan belum memanfaatkan peluang pemasaran dan
belum menyediakan alternatif pemasaran ketika terjadi persaingan dalam kegiatan
pemasaran dengan perusahaan lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan
pemasarannya.
Akibat
1.
Tidak bisa memaksimalkan target yang sudah di
rencanakan akibatnya pengendalian aktivitas perusahaan hanya mencapai 70% - 90%
2.
Ketika terjadi persaingan dalam pemasaran yang ketat
dan menggunakan sarana media yang lebih kreatif di perusahaan lain,
mengakibatkan perusahaan tidak bisa memenuhi target jangka pendek yang telah
dibuat sebelumnya.
Daftar
Ringkasan Temuan Audit
No
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1.
|
perusahaan mengendalikan aktivitas pemasarannya
hanya melalui analisis pasar , belum mengendalikan aktivitas pemasarannya
melalui analisis biasa dan audit pemasaran
|
Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas
pemasarannya harus melalui analisis pasar, analisis biasa dan audit pemasaran
agar aktivitas pemasarannya dapat teratur, sesuai dengan ketentuan perusahaan
dan tujuan
|
perusahaan tidak memiliki auditor
pemasaran, dan belum menerapkan adanya analisis biasa dan audit pemasaran.
|
tidak bisa memaksimalkan target yang sudah di
rencanakan akibatnya pengendalian aktivitas perusahaan hanya mencapai 70%- - 90%
|
2
|
tujuan pemasaran perusahaan belum tepat
dan belum mempertimbangkan sumber
daya, posisi persaingan, dan peluang.
|
Perusahaan dalam menentukan tujuan pemasaran harus
tepat dan harus mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan peluang.
|
Terhalang oleh sumber daya yang masih
harus mengalami pembenahan dan banyaknya pesaing di lingkungan
perumahan yang jauh lebih baik sistem pemasarannya.
|
tidak tercapainya rencana jangka
pendek dan penjualan produk kurang maksimal.
|
BAB III
Rekomendasi
Hasil audit yang dilakukan menemukan
beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan
datang. Kelemahan ini dapat dikelompokan menjadi dua yaitu:
1. Kelemahan
Perusahaan dalam mengendalikan aktivitas pemasarannya hanya melalui analisis
pasar, belum mengendalikan aktivitas pemasarannya melalui analisis biasa
dan audit pemasaran
2. Kelemahan
dalam tujuan proses pemasaran yang terjadi pada prosedur pemasaran Perusahaan CDE
belum beroperasi dalam mempertimbangkan sumber daya, posisi persaingan, dan
peluang.
Atas keseluruhan kelemahan yang
terjadi maka di berikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang
bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.
Rekomendasi :
1.
Perusahaan harus mengendalikan aktivitas pemasarannya
melalui analisis biasa dan audit pemasaran.
2.
Perusahaan harus membuat kebijakan yang lebih kreatif,
inovatif, efektif, dan efisien dalam proses pemasarannya. Misalnya memanfaatkan
media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat dalam melakukan periklanan
produknya.
Bab IV
Ruang
Lingkup Audit
Sesuai dengan penugasan yang kami
terima, audit yang kami lakuakan hanya meliputi masalah audit pemasaran PT. CDE
untuk periode 2014/2015. Audit kami mencakup pengujian sistem pengendalian manajemen
dan tujuan pemasaran perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar